Membuat Kode Ujian Yang Ideal

posted in: test.co.id | 0

test.co.id Free merupakan portal bersama ujian yang digunakan tidak hanya satu sekolah saja, namun berbagai sekolah dan dimanapun berada. Oleh sebab itu perlu adanya kode soal baku yang kita sepakati. kode Soal tidak hanya satu atau dua yang tampil jika lagi musim ujian, bahkan pilihan bisa puluhan sangking banyaknya yang upload.

test.co.id mencoba membagi tips supaya kode soal mudah dicari oleh siswa dan terjadi kode unik setiap hari serta tidak bentrok dengan kode soal sekolah lainnya.

Awal kode sebaiknya diberikan kode sekolah dengan demikian kode akan terkumpul pada satu kelompok contoh SMAN99SBY

Berikutnya adalah Kelas dan Jurusan cukup sesingkat mungkin contoh 10B, 11A, 12S dan sebagainya. Langkah selanjutnya kode mapel dan tanggal Ujian contoh MATC 30072020. Fungsi tanggal untuk membedakan kode mapel dimana jika tanpa diberi tanggal dan kita lupa sebelumnya telah upload dengan kode mapel yang sama maka akan mereplace mapel sebelumnya. Dengan adanya tanggal maka setiap hari secara tidak sadar kita telah membuat kode unik di setiap mapel dan meminimkan terjadi kesamaan kode mapel.

Dari uraian diatas kode test yang disarankan dapat dipersingkat menjadi KODE-SEKOLAH[SPASI]KODE-KELAS[SPASI]KODE-MAPEL[SPASI]TANGGAL-PELAKSANAAN. Contoh SMAN99SBY 10B MATC 30072020.

Penting !!

Jangan meninggalkan spasi setelah akhir kode, Gunakan standard huruf A-Z dan angka 1-10, sebaiknya menghindari penggunaan karakter unik lainnya seperti tanda penghubung [-], Garis bawah [_], garing miring [/] atau lainnya yang spesifik. Penggunaan tanda tersebut kadang kala terjadi masalah jika diterjemahkan ke Aplikasi test.co.id sehingga berakibat susah di akses atau lambat.

Silakan lihat video untuk lebih jelasnya